Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kadus Desa Tulung Balak Lamtim, Diduga Jual Beras Bantuan Ke Warga Tidak Mampu

Senin, 27 Mei 2024 | Senin, Mei 27, 2024 WIB Last Updated 2024-05-26T17:47:57Z

 


MP Lampung Timur - Salah seorang oknum Kepala Dusun Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur, diduga menjual Bantuan Sosial (Bansos) berupa Beras terhadap masyarakat yang tidak mampu, Minggu 26-05-2024.


Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh awak media atas keterangan dari salah seorang warga Desa Tulung Balak yang enggan di sebutkan namanya menyampaikan pada Jum'at 24-05-2024, dalam keterangannya nya tersebut menjelaskan.


Bahwa oknum kepala Dusun, tepat nya di Dusun 2 Desa Tulung Balak, yang berinisial (AP), diduga telah melakukan menjual Beras Bantuan Sosial (Bansos), kepada warga tidak mampu,"ucap salah seorang warga desa tulung balak yang enggan disebutkan namanya.


Sedangkan kita tau yang namanya bantuan dari Pemerintah itu wajib dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan atau yang tidak mampu tanpa ada pungutan, akan tetapi yang terjadi di Desa kami ini tepat nya di Dusun 2 Desa Tulung Balak.


Bantuan tersebut bukan nya dibagikan malah di jual Kepala Dusun (Kadus) nya, dan orang yang membeli Beras bantuan yang dijual oleh Kadus itu, adalah salah satu orang yang tidak mampu di Desa ini, jangan kan harta, rumah pun dia gak punya karena rumah yang di tempatin orang itu saat ini itu numpang rumah orang," ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya menjelaskan.


Dan perlu diketahui bukan hanya satu orang aja tempat Kadus nya untuk menawarkan yang mau membeli Beras bantuan tersebut, bahkan ada beberapa warga di Dusun 2 ini tempat iya menawarkan Beras bantuan yang hendak dijual nya,


Alasan pak Kadus yang berinisial (AP) menyampaikan kepada warga setempat, bahwa Beras yang hendak di jual nya, itu Beras sisa bantuan, dalam keterangan AP menjelaskan kepada warga sekitar," tutup salah seorang warga tersebut menjelaskan kepada awak media.


Selanjutnya pada waktu yang sama Kadus yang berinisial (AP) saat ditemui oleh awak media menyampaikan, bahwa apa yang di jelaskan oleh salah seorang warga itu tidak benar, karena saya tidak melakukan apa yang telah di jelaskan oleh orang itu," jelas ap.

 

Kemudian di lanjutkan oleh Aji Suradilaga, selaku Kepala Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Timur, menjelaskan kepada awak media bahwa terkait permasalahan itu saya belum dapat informasi, coba nanti saya tanya dulu sama pak Kadus nya.


"Akan tetapi beberapa waktu yang lalu saya dapat laporan dari RT saya bahwa ada kawan dari media dateng kerumah nya menanyakan permasalahan yang barusan sampean sampaikan kepada saya, dan itu memang bener bahkan RT nya mengakui nya kalau dia memang menjual beras itu, tapi Beras yang di jual sama RT saya itu, bantuan atas nama dia sendiri," jelas kades.


Masih lanjut, tak lama kemudian Nopi Triyanto selaku ketua RT Dusun 2, menjelaskan bahwa yang menjual Beras dari bantuan itu saya bukan pak Kadus, tapi yang saya jual itu bantuan atas nama saya pribadi karena saya juga dapat bantuan Beras tersebut," tutur nya.


Kemudian maka nya Beras bantuan itu saya jual, setelah saya buka karung Beras nya kemudian saya masak terus saya lihat kok Beras nya jelek dan rasanya pun gak enak Beras nya, dan menurut saya Beras itu tidak layak di makan,


"Maka dari itu sisa Beras nya saya jual ke warung pak Supri, kemudian duit nya saya belikan Beras yang bagus. Dan menurut saya meskipun saya sebagai RT, saya juga layak menerima bantuan Beras, dibanding dengan yang menerima bantuan PKH," ujar nopi triyanto. (Tim)

×
Berita Terbaru Update