Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketua TP PKK Lamsel Ajak Semua Pihak Sukseskan PIN Polio 2024 Untuk Anak Usia 0-7 Tahun

Kamis, 18 Juli 2024 | Kamis, Juli 18, 2024 WIB Last Updated 2024-07-18T14:59:03Z

 


MP Lamsel -- Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tidak lama lagi akan dilaksanakan serentak di 33 provinsi di Indonesia, pada tanggal 23 Juli 2024 mendatang. Itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK 01.07/Mekes/1031/2024 tanggal 16 Mei 2024 tentang Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka Penanggulangan KLB Polio.


Untuk menyukseskan gelaran tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar Advokasi dan Sosialisasi menyambut pekan imunisasi nasional tersebut, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (18/7).


“Anak-anak usia 0 bulan sampai dengan 7 tahun jangan sampai terlewat dari pemberian imunisasi polio ini. Supaya mereka semua menjadi anak yang sehat guna menuju generasi unggul di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto, dalam sambutannya di acara tersebut.


Diungkapkan Winarni, saat ini telah terjadi kejadian luar biasa polio dibeberapa kabupaten/kota di Indonesia, sehingga diperlukan upaya penanggulangan, salah satunya melalui gelaran imunisasi.


“Ini merupakan salah satu respon cepat WHO atas Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio yang dikategorikan penyakit menular,” ungkapnya.


Oleh karena itu, lanjut Winarni, diharapkan semua pihak khususnya para kelompok kerja (Pokja) untuk saling berkordinasi, agar pelaksanaan imunisasi polio di Lampung Selatan dapat berjalan sukses dan mencapai target.


Dia menuturkan, kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang akan dicanangkan sebagai pelaksanaan PIN Polio 2024. “Ini merupakan suatu kebanggaan, karena kita (Lamsel, red) terpilih oleh provinsi untuk melaksanakan PIN Polio ditahap awal ini yang rencananya akan diselenggarakan di Desa Bumi Sari, Kecamatan Natar,” katanya. 


Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Nessi Yunita menyampaikan target pemberian imunisasi Polio di Lampung Selatan kepala anak umur 0 bulan – 7 tahun sebanyak 157.210 anak.


“Pelaksanaan PIN Polio ini akan dilaksanakan selama 2 putaran. Putaran ke-1 akan dimulai pada tanggal 23 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024. Kemudian putaran ke-2 dilaksanakan tanggal 6 sampai dengan 17 Agustus,” jelasnya.


Dikatakan Nessi, tujuan dari pemberian imunisasi tersebut adalah untuk mencegah dan mengurangi penyakit melalui pemberian yang imunisasi. “Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi antara lain, Hepatitis, Polio, TBC, Difteri, Pertusis, Tetanus, Campak dan Rubella,” pungkasnya. (Sho/Az)

×
Berita Terbaru Update