Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Penguatan Kapasitas Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Gunung Terang Pada Pemilihan Tahun 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 | Kamis, Agustus 01, 2024 WIB Last Updated 2024-08-01T04:56:05Z


MP Tubaba - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan kepada jajaran Panitia Pengawas Kelurahan/Desa, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Panwaslu Kecamatan Gunung Terang mengelar kegiatan Penguatan Kapasitas Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Gunung Terang Pada Pemilihan Tahun 2024, yang berlangsung di Cafe Swastika Tiyuh Mulyo Jadi, pada Rabu (31/07/2024). 

 

Acara secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Gunung Terang Andi Wijaya, S.Pd., dan dihadiri oleh Camat Gunung Terang Dahyi Adijaya, S.E., Penggiat Pemili Sopingi, S.Pd., Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Agung Aipda Hendra Zaputra, S.H, dan Ketua PPK Kecamatan Gunung Terang Juli Risanto serta seluruh Anggota PKD Se-kecamatan Gunung Terang. 


Dalam kesempatan tersebut, Dahyi Adijaya, S.E., yang merupakan Camat Gunung Terang dan selaku Narasumber dalam acara tersebut menyampaikan, bahwa seluruh Anggota PKD yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Terang agar bisa bekerja sesuai dengan fungsi pengawasan serta kewajibannya sebagai Pengawas Kelurahan/Desa. 


“Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) diharapkan bisa berkoordinasi dengan jajaran Aparatur Tiyuh, ASN, dan TNI-Polri karena itu adalah satu kesatuan. Nanti pasti akan ada temuan, selesaikan dengan baik,” ujar Dahyi Adijaya.


Dikesempatan yang sama Sopingi, S.Pd., selaku Narasumber Tata Kelola Pengawas Pemilihan juga menjelaskan, bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) merupakan lembaga yang berwenang mengawasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan di Tingkat Kelurahan/Desa.

 

“Bahwa tugas, wewenang PKD adalah mengawasi segala kegiatan Pemilu yang berlangsung di wilayahnya masing-masing. Apabila ditemukan kecurangan atau dugaan pelanggaran dalam Tahapan Pemilu, maka PKD bisa segera mengambil tindakan sesuai dengan peraturan,” jelas Sopingi dalam arahannya .

 

Masih kata Sopingi, S.Pd., “Perwujudan jati diri Adalah SIM-P dan SS, Soliditas, Intergritas, Mentalitas, Profesional dan Solidaritas, Sinergitas,” tutur seorang penggiat pemilihan yang ada di Tubaba. 


Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. (Kod)

×
Berita Terbaru Update