Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siap Amankan Pilkada, Kapolres Tubaba Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024

Selasa, 20 Agustus 2024 | Selasa, Agustus 20, 2024 WIB Last Updated 2024-08-20T11:20:35Z


MP Tubaba – Dengan mengusung tema “Polres Tulang Bawang Barat Siap Mengamankan Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak 2024", Kapolres Tulang Bawang Barat, Polda Lampung AKBP Sendi Antoni, S.I.K., M.I.K. memimpin langsung pelaksanaan Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024. Selasa (20/8/2024) pagi.


Kegiatan yang digelar di Aula Sarja Arya Racana Mapolres Tubaba itu juga turut dihadiri oleh Ketua KPU Kab. Tubaba Yudi Agusman,SE yang diwakili Komisioner Amin Nurohim, S.H., M.Ip, Ketua Bawaslu Kab.Tubaba Agus Tomi S.H yang diwakili Komisioner Kadarsyah, S.Kom dan diikuti oleh para PJU, Perwira, Kapolsek beserta Kanit serta seluruh personel Polres Tubaba yang akan terlibat dalam operasi tersebut.


Dalam sambutannya, AKBP Sendi Antoni, S.I.K., M.I.K. mengungkapkan bahwa Lat Pra Ops ini digelar agar seluruh personel mempunyai bekal, pemahaman serta persepsi dan cara bertindak yang sama dalam menghadapi situasi maupun kondisi Pilkada kedepan.


Operasi ini, kata Kapolres dilaksanakan selama 125 (seratus dua puluh lima) hari, meliputi pendaftaran paslon, penetapan paslon, kampanye, masa tenang, distribusi logistik, pungut suara dan hitung suara, rekap dan pengusulan pengesahan pengangkatan paslon terpilih Gubernur / Wakil Gubernur dan Bupati / Wakil bupati di wilayah hukum Polres Tulang Bawang Barat.


“Oleh karena itu, seluruh personel harus siap siaga dan memahami tugas serta tanggung jawabnya masing-masing,” ujarnya.


“Segala sesuatunya harus dipersiapkan dari sekarang. Mulai dari kesiapan personel, kelengkapan peralatan, latihan dan simulasi sistem pengamanan kota, termasuk penanganan situasi darurat dan pengendalian kerumunan massa,” imbuhnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Tubaba kembali mengingatkan kepada seluruh personelnya agar tetap menjaga Netralitas Polri dalam mengawal setiap tahapan Pilkada.


Kapolres juga mengharapkan sinergitas antara Polres Tubaba, KPU, dan Bawaslu tetap terjaga dengan baik guna mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang sukses, aman, damai dan sejuk di Kabupaten Tulang Bawang Barat.


Sementara itu, Kabag Ops Kompol Hendra Gunawan, S.H., M.H. menambahkan bahwa dalam Operasi Mantap Praja ini, Polres Tubaba membentuk 6 Satgas yang terdiri dari Satgas Preemtif, Preventif, Keamanan dan Keselamatan Lalulintas (Kamseltibcarlantas), Penegakan Hukum (Gakkum), Humas, serta Bantuan Operasi.


Selain itu, Polres Tubaba juga telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang, termasuk kendaraan operasional dan peralatan pengurai massa, untuk memastikan kelancaran operasi.


“Kami juga merencanakan untuk menggelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) sebagai langkah antisipasi jika terjadi situasi darurat atau hal-hal yang tidak diinginkan selama proses Pilkada,” kata Kompol Hendra Gunawan.


Pihaknya berharap, dengan digelarnya Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024 ini dapat memberikan persiapan yang matang dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkadaa serentak tahun 2024, demi terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas, aman, damai dan lancar.


“Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan paparan setiap Kasatgas, untuk memberi gambaran teknis dan taktis sekaligus cara bertindak yang cepat, tepat dan efektif apabila terjadi situasi kontijensi atau gejolak pada pelaksanaan Pilkada, lalu ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama,“ pungkasnya. (Kod/Humas TBB)

×
Berita Terbaru Update