Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mantan Ketua KWRI Lamtim, Sesalkan Pernyataan Ketua PWI Atas Peristiwa Di Rutan Kelas IIB Sukadana

Selasa, 08 Oktober 2024 | Selasa, Oktober 08, 2024 WIB Last Updated 2024-10-08T11:32:42Z

 


MP Lampung Timur - Mantan Ketua KWRI Dan Beberapa Awak media di Lampung Timur menyayangkan statemen Mukhlis selaku oknum Ketua PWI Lampung Timur, terkait Pemberitaan adanya Penusukan dengan senjata Tajam di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Sukadana Kabupaten Lampung Timur, oleh sejumlah awak media usai konfirmasi melalui Kepala KPR Mario Filie belum lama ini, Setelah pemberitaan tersebut terbit, Ketua PWI Lampung Timur seakan intervensi ke para Awak media dengan Konfirmasi secara terpihak melalui Kepala KPR Mario Filie pada hari Senin 7 Oktober 2024.


Sehingga keluarlah bahasa Secara terpihak dari Mario Filie tanpa Klarifikasi terlebih dahulu kepada para Awak media yang sebelumnya sudah menerbitkan hasil Konfimasi melalui Rutan Kelas IIB Sukadana setempat, adapun bahasa yang disampaikan kepada Mukhlis selaku Ketua PWI Lampung Timur melalui media,


"Dengan adanya klarifikasi ini diharapkan masyarakat dan pihak media dapat lebih memahami konteks dari kebijakan yang diambil serta pentingnya menjaga amanah dan prosedur saat mengakses informasi di dalam lembaga pemasyarakatan, dan pemberitaan tersebut mario menyatakan sudah sesuai standar SOP oleh Fihak Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sukadana Lampung Timur.


Menurut Para Awak Media, statement Mukhlis selaku oknum Ketua PWI Lampung Timur, telah mencederai dan melukai perasaan wartawan yang terkesan tidak Profesional. 


“Hairul mewakili para Awak Media mengatakan, Kami merasa dilukai atas kalimat yang dilontarkan oleh Mukhlis selaku oknum ketua PWI Lampung Timur, dimana dirinya dan Kawan-kawan dari Awak media ini menyebutkan seakan pernyataan Mukhlis ini, bahwa media Kami tidak Profesional, Kita semua tahu bahwa karya jurnalis yang diterbitkan oleh media merupakan hasil kerja teman wartawan dilapangan dan secara otomatis itu menjustifikasi kerja sebagian besar teman-teman yang dianggapnya tidak Profesional ini,” Kata Hairul mewakili para awak media, pada selasa (8/10/2024).


“Apalagi yang berstatment adalah Ketua PWI Lampung Timur, kalau masyarakat salah menterjemahkan kata Tidak Profesional, itu keranah Fublik itu bisa rawan. Semestinya kalau terkait pemberitaan yang dianggap menyudutkan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB sukadana, sebut saja beritanya kurang berimbang, toh ada ruangnya hak jawab. Bisa digunakan ruang-ruang itu, bukannya Ketua PWI Lampung Timur ini berpihak kelapas & menyalahkan Para Awak Media," Tambahnya.


Mantan Ketua KWRI Lampung Timur ini mengatakan, saat ini pemberitaan itu sudah terbit, Mestinya Mukhlis sebagai Ketua PWI Lampung Timur klarifikasi terlebih dahulu kepada para awak media itu, bagaimana kejadiannya saat itu, jangan langsung menemui Fihak Rutan, bukan malah membuat opini dan pernyataan yang bisa membuat publik gaduh.


Hairul juga mengingatkan Fihak Rutan Kelas IIB Sukadana dalam Hal ini Kepala KPR Mario Filie jika merasa dirugikan atas pemberitaan dapat menempuh jalur sesuai prosedurnya. “Kalau merasa karya jurnalis teman-teman (berita.red) itu dianggap merugikan Lapas tentu ada sarananya bisa melaporkan ke Dewan Pers untuk diproses,” tegas Hairul mengingatkan Mario.


“Jangan hanya menyebut banyak. Karena banyak itu harus ada angkanya. Sekalian sebut saja nama medianya agar tidak terjadi kegaduhan publik dikalangan teman-teman wartawan. Tentu kami merasa dilukai, menjadi pejabat publik itu setiap saat mesti siap dikritisi, tambahnya. “Salah satu fungsi Pers adalah lembaga kontrol, jadi ketika di kritisi terkait kebijakan atau hal – hal yang dianggap perlu terkait Kelalaian di Rutan Kelas IIB Sukadana yang terbit ke publik, itu suatu hal yang lumrah,” ujarnya.


Dirinya dan Kawan-Kawan Awal Media meminta Mukhlis selaku Ketua PWI Lampung Timur agar dapat mempertanggung jawabkan pernyataannya tersebut.


“Harus dipertanggung jawabkan tidak Profesionalnya seperti apa. Jangan dibuat blunderlah. Ini Pemberitaan yang sudah di Konfirmasi dan sudah terbit ke publik, harus Ketua PWI Lampung Timur bertanggung jawab bersama untuk menjaga suasananya agar tetap adem,” tekan Hairul Kembali. 


Mantan Ketua KAMI Lampung Timur kembali mengingatkan bahwa Kami tidak bernaung di Organisasi PWI, tetapi Kami sebagai Awak Media berdiri dengan independen dan profesional dalam karya pers nya, berwawasan tinggi atau intelek dalam melakukan karya pers nya serta berintegritas dalam menjalankan tugas tugasnya nya sebagai wartawan, Kami pasti Konfrimasi terlebih dahulu kepada Narasumber sebelum Kami Terbitkan, "tutup Hairul. (fatul)

×
Berita Terbaru Update