Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Momentum Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Miliki Makna Mendalam Bagi Rakyat Indonesia

Selasa, 01 Oktober 2024 | Selasa, Oktober 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-03T11:44:09Z


MP Indonesia - Hari Kesaktian Pancasila 2024 merupakan peringatan yang memiliki makna mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Setiap tahun tepatnya pada tanggal 1 Oktober, kita memperingati peristiwa bersejarah yang mengingatkan kekuatan Pancasila sebagai ideologi dasar negara.


Tema yang diangkat tahun ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas," di mana menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mencapai cita-cita bersama.


KODARI glr. Pangeran Sempurna yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung menuturkan,


Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang tujuh pahlawan revolusi yang tewas dalam peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI), yang terjadi pada tahun 1965. 


"Dengan penetapan ini, masyarakat Indonesia diajak untuk menghormati pengorbanan para pahlawan dan merenungkan kembali arti penting Pancasila sebagai dasar ideologi negara," ujarnya, pada Selasa (01/10/24). 


Peristiwa G30S/PKI merupakan sebuah tragedi bersejarah yang memicu reaksi besar di kalangan masyarakat dan militer. Pada malam tanggal 30 September 1965, sekelompok orang yang terkait dengan Partai Komunis Indonesia melancarkan kudeta yang mengakibatkan pembunuhan enam jenderal Angkatan Darat serta beberapa perwira tinggi.


Kejadian ini menimbulkan gelombang aksi anti-komunis yang sangat kuat, dipimpin oleh Angkatan Darat yang berujung pada penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan resmi ini disahkan melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat pada 17 September 1966, menandai upaya untuk memperkuat persatuan dan meneguhkan komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila.


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang lebih dalam daripada sekedar mengenang tujuh jenderal yang tewas. Hari ini juga menjadi momen refleksi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mempertahankan dan menjaga nilai-nilai Pancasila yang mencakup kemanusiaan, keadilan sosial dan persatuan.


"Melalui peringatan ini, diharapkan masyarakat dapat merenungkan pentingnya Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan revolusi juga harus dipertahankan, agar tragedi serupa tidak terulang di masa depan," tuturnya.


Selain itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga berfungsi sebagai pengingat bagi bangsa Indonesia, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan. Dalam menghadapi tantangan dan perbedaan yang ada, nilai-nilai Pancasila harus tetap dijunjung tinggi sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.


"Dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai ini, diharapkan masyarakat dapat bersatu dalam keberagaman dan membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Peringatan ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial, melainkan sebuah ajakan untuk kembali meneguhkan komitmen terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (Kod) 

×
Berita Terbaru Update