Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Soswatif 2024, Panwascam Gedung Surian Ajak Elemen Masyarakat Ikut Berperan Aktif Pada Pilkada Tahun 2024

Rabu, 16 Oktober 2024 | Rabu, Oktober 16, 2024 WIB Last Updated 2024-10-16T02:08:38Z


MP Lampung Barat - Pengawas Kecamatan (Panwascam) Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif (Soswatif) yang berlangsung di aula Pekon Puramekar, pada Selasa (15/10/2024). 


Kegiatan Soswatif tersebut diikuti oleh Perwakilan ASN, Peratin Dan Apatur Pekon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan serta hadir pula jajaran Forkopimcam Kecamatan Gedung Surian.


Ketua Panwascam Gedung Surian, Olinda Sela Desmonda mengatakan, Soswatif menjadi peran penting untuk mengajak masyarakat dalam mengawasi Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. 


“Panwascam berharap masyarakat dapat aktif berpartisipasi dalam Pengawasan,” katanya.


Lebih lanjut, masyarakat diminta untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024 mendatang. “Silahkan cek data diri melalui cek DPT online apakah sudah terdaftar sebagai pemilih,” himbau Olinda sapaan Akrabnya.


Olinda menegaskan, agar tidak perlu takut melaporkan dugaan pelanggaran termasuk pelanggaran praktik politik uang dan Ketidaknetralan ASN/Aparat Pekon yg dilarang.


“Silahkan laporkan dugaan pelanggaran bisa melalui PKD setempat atau langsung Panwascam siap menindaklanjuti laporan yang masuk,” ujarnya.


Bukan hanya soal pelaporan pelanggaran, Olinda juga menyampaikan, akan memastikan bahwa pemilih disabilitas yang berkebutuhan khusus dikawal hak pilihnya.


”Panwascam akan memastikan rekomendasi mengenai aksesibilitas pemilih disabilitas di TPS diperhatikan oleh penyelenggara,” tegasnya.


Sementara Sekertaris Kecamatan, Heptanius, S.P dalam pembukaan acara Soswatif 2024, menekankan bahwa Pemilihan serentak 2024 ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya. 


“Kondisi sosial politik masyarakat saat ini lebih rentan dan membutuhkan perhatian ekstra,” ungkapnya.


Selain itu, ia berharap kepada ASN, Aparatur Pekon/Desa untuk menjaga kondusifitas dan Netralitas nya terhadap pemilihan yg akan berlangsung dengan harapan agar pemilihan 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. 


Terakhir, Heptanius juga mengajak semua pihak untuk menciptakan pemilihan yang damai dan demokratis. (Zali)

×
Berita Terbaru Update