Warga Tulang Bawang Pertanyakan Fungsi Sebagai Wakil Bupati ?

oleh -3.931 views

MP Tuba – Bupati dalam hal otonomi daerah adalah sebutan untuk Kepala Daerah pada tingkat wilayah Kabupaten. Kedudukan seorang Bupati sejajar dengan seorang Walikota yang merupakan Kepala Daerah untuk wilayah Kotamadya.

Bupati dipilih bersama Wakil Bupati secara langsung oleh rakyat di Kabupaten setempat. Bupati merupakan jabatan politis karena diusung oleh Partai Politik dan bukan Pegawai Negeri Sipil. Dasar wewenang dan tugas Bupati dalam otonomi Daerah adalah memimpin penyelenggaraan Daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD Kabupaten setempat.

Dalam melaksanakan tugas-tugas Bupati, maka ia dibantu oleh seorang Wakil Bupati yang berkewajiban untuk mewakili atau menggantikan Bupati jika sedang berhalangan hadir dikarenakan sebab tertentu.

Selain itu tugas Wakil Bupati juga melaksanakan tugas dan kewajiban Pemerintahan lainnya yang diberikan oleh Bupati yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Dan dalam melaksanakan tugasnya, maka seorang Wakil Bupati bertanggung jawab langsung kepada Bupati.

Dan hal-hal yang berkaitan mengenai tugas dan wewenang Bupati serta wakilnya ini telah diatur secara jelas dalam Undang- undang tepatnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Wakil Bupati ialah Wakil dari pucuk pimpinan (Kepala Daerah) di suatu wilayah Pemerintahan. Sesungguhnya Wakil Bupatu punya kedudukan yang setara dengan Bupati dalam menjalankan roda Pemerintahan, terkecuali dalam penentuan kebijakan.

Tugas dari Wakil Bupati :

  • Membantu Bupati dalam menyelenggarakan Pemerintahan Daerah.
  • Membantu Bupati dalam mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal di Daerah.
  • Menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan, melaksanakan pemberdayaan perempuan dan pemuda, serta mengupayakan pengembangan dan pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup.
  • Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten/Kota bagi Wakil Kepala Daerah provinsi.
  • Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan di wilayah kecamatan, kelurahan dan/atau Desa bagi Wakil Kepala Daerah kabupaten/kota memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala daerah dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah.
  • Melaksanakan tugas dan kewajiban Pemerintahan lainnya yang diberikan oleh Bupati dan,
  • Melaksanakan tugas dan wewenang Bupati apabila Bupati berhalangan.

Dikutif dari Akun Facebook Warga Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung Robinsah mengatakan, “Kenapa Hampir disetiap kegiatan Wakil Bupati Tulang Bawang tidak pernah di Fungsiakan oleh Bupati Tuba,gk abis pikir apa maksut semua ini,masyarakat Tulang Bawang selalu Mempertanyakan mengenai hal Ini,Bagaimana Masyarakat Bisa Akur dan Kompak Sedangkan Pemimpinnya Menunjukan sikap sebaliknya. kecewa terhadap bupati Winarti..”, ungkap Robinsah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *